Inilah Fungsi Utama Asuransi Adalah? Simak Penjelasannya Terbaik 2022

Silahkan datang kesini, bagi Anda yang sedang mencari informasi tentang Fungsi Utama Asuransi Adalah? Simak Penjelasannya bulan ini. Selengkapnya, inilah artikel yang akan membahas tuntas tentang Fungsi Utama Asuransi Adalah? Simak Penjelasannya Terbaru, jadi silahkan Anda simak artikel ini sampai habis ya.

Tentang Fungsi Utama Asuransi Adalah? Simak Penjelasannya

Ikura.id adalah blog yang akan membagikan bermacam informasi menarik, yang salah satunya adalah informasi tentang Fungsi Utama Asuransi Adalah? Simak Penjelasannya. Nah, info Fungsi Utama Asuransi Adalah? Simak Penjelasannya yang akan kami bagikan hari ini. Makanya, pantau terus blog ini untuk mendapatkan informasi serta rekomendasi Asuransi, Bisnis, Saham, Trading, dan Hosting dari kami.

Informasi Fungsi Utama Asuransi Adalah? Simak Penjelasannya Terupdate

Fungsi Utama Asuransi Adalah? Simak Penjelasannya – Istilah asuransi mungkin menjadi hal yang lumrah dalam pembicaraan masyarakat. Sebagian masyarakat memahami bahwa asuransi merupakan pengalihan atas risiko- risiko yang mungkin terjadi di masa yang akan datang.

Kita juga mengetahui bahwa asuransi memiliki fungsi sebagai penghimpun dana yang memberikan manfaat kepada nasabah berupa uang pertanggungan. Namun, tahukan anda ada berapa fungsi utama asuransi? Fungsi utama asuransi ada 3, apa saja fungsi utama asuransi tersebut? Berikut penjelasannya.

Fungsi Utama Asuransi

Penghimpun Dana

Setidaknya ada 3 fungsi utama asuransi. Fungsi pertama yang akan kita bahas adalah asuransi berfungsi sebagai penghimpun dana. Dari segi operasinya, kita dapat melihat bahwa asuransi menjadi lembaga penghimpun dana. Hal tersebut dapat kita buktikan dengan adanya setoran premi kepada perusahaan asuransi.

Pihak tertanggung akan membayarkan sejumlah premi sesuai dengan ketentuan yang tertuang dalam polis asuransi atau sebesar tarif produk asuransi yang dibeli.

Perusahaan asuransi sebagai pihak penanggung akan menerima setoran premi tersebut dan menghimpun dananya. Dari dana tersebutlah, perusahaan asuransi dapat memenuhi kewajibannya untuk menanggung risiko nasabah. Yang nantinya dana tersebut akan di klaim oleh nasabah.

Pengalihan Risiko

Fungsi utama asuransi berikutnya adalah pengalihan risiko atau transfer risiko. Fungsi utama ini berhubungan dengan pengertian asuransi yang berarti pengalihan risiko dari tertanggung kepada penanggung. Setiap orang memiliki risiko yang dapat menimbulkan kerugian.

Asuransi dengan fungsi utamanya sebagai pengalihan risiko, akan mengalihkan risiko dari nasabah yang kemudian menjadi tanggungjawab perusagaan asuransi. Walaupun risiko tersebut tidak dapat dialihkan secara penuh. Namun, asuransi dapat meminimalisir kerugian yang timbul.

Misalnya pada asuransi kesehatan. Nasabah yang memegang polis asuransi kesehatan mengalihkan risiko gangguang kesehatan kepada perusahaan asuransi. Namun, perusahaan asuransi tidak menanggung rasa sakit dari penyakit atau gangguan kesehatan yang nasabah alami.

Namun, perusahaan akan memberikan manfaat berupa pertanggungan biaya pengobatan maupun rawat inap. Sederhananya, asuransi dapat menanggung pengalihan risiko tersebut secara finansial. Contoh lain terjadi pada asuransi jiwa.

Jika seorang nasabah yang merupakan tulang punggung keluarga membeli produk asuransi jiwa. Maka, ketika ia meninggal dunia kondisi keuangannya mungkin akan anjlok. Dengan produk asuransi tersebut, keluarganya akan mendapatkan manfaat berupa uang pertanggungan dari asuransi jiwanya.

Menjamin Keseimbangan Premi dan Manfaat Perlindungan

Akhir Kata

Demikianlah artikel tentang Pilihan Fungsi Utama Asuransi Adalah? Simak Penjelasannya. Semoga dapat bermanfaat dan membantu Anda yang sedang membutuhkan informasi tersebut. Sekian dari saya, terima kasih sudah berkunjung ke blog ini.